Dikasi Tahu Ada Uang Disita KPK dari Laci Menag, Tebak Bagaimana Reaksi Romi?


Gentanusa.com ~ Tersangka dugaan suap jual beli jabatan di Kementerian Agama, M. Romahurmuziy alias Romi mengaku tahu penyitaan uang ratusan juta pecahan rupiah dan dolar AS di laci ruang kerja Menteri Agama.

Ia juga mengaku tidak tahu menahu keterkaitan uang yang disita itu dengan perkara yang menjeratnya.

“Saya hanya melihatnya dari televisi. Saya tidak tahu,” ujar Romi usai menjalani pemeriksaan perdana di gedung KPK, Jakarta, Jumat (22/3/2019).

Kendati demikian, Romi menyatakan akan bersikap kooperatif dalam pemeriksaan perdananya ini sebagai tersangka.

“Saya akan sangat kooperatif dan menjelaskan semua persoalan ini kepada KPK. Agar mereka mendapat perspektif yang terang dan tidak ada yang ditutup-tutupi,” kata Romi.

“Mereka juga akan permudah untuk segera menyelesaikan pemberkasan kasus,” imbuhnya.

KPK menduga Romi sebagai penerima suap dalam kasus ini. Selain Romi, dua tersangka lainnya yaitu Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Gresik Muhammad Muafaq Wirahadi dan Kepala Kantor Wilayah Kemenag Jawa Timur Haris Hasanuddin.

Sementara, Jurubicara KPK Febri Diansyah menegaskan pihaknya tidak menyita uang yang sebelumnya didapat dari ruangan kerja Menag Lukman Hakim Saifuddin yang telah dipastikan dari honorarium.

Sebab, KPK hanya menyita uang yang harus diklarifikasi saat penyidik lembaga antirasuah itu menemukannya dalam penggeledahan di ruangan kerja Lukan di Kementerian Agama (Kemenag) pada Senin lalu (18/3).

“Kami sebenarnya juga menemukan uang-uang yang lain di ruang menteri agama pada saat itu. Yang dari informasi atau data yang ada di sana itu merupakan uang honorarium. Uang tersebut tidak dibawa,” kata Juru Bicara KPK Febri Diansyah di kantornya, Jakarta, Jumat (22/3).

Menurut Febri, penyidik hanya menyita uang sejumlah Rp 180 juta dan USD 30 ribu dari ruang kerja Lukman.

Penyitaan uang itu karena untuk kepentingan penyidikan kasus dugaan jual beli jabatan di Kemenag yang melibatkan mantan Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP) M Romahurmuziy.

“Jadi sejak awal tim KPK sudah memisahkan mana uang dalam amplop, yang mana honor dan mana yang bukan,” ungkap Febri.

(jpg/ruh/pojoksatu)




Sumber: pojoksatu.id

0 Response to "Dikasi Tahu Ada Uang Disita KPK dari Laci Menag, Tebak Bagaimana Reaksi Romi?"

Posting Komentar

close
Banner iklan disini