Usai Lepas 51% Sahamnya, Bos Besar Freeport Bilang Begini


Gentanusa.com ~ Upaya divestasi saham PT Freeport Indonesia yang sudah diperjuangkan pemerintah Indonesia sejak beberapa tahun belakangan ini akhirnya membuahkan hasil.

Kini, PT Indonesia Asahan Alumunium (Persero) berhasil mengakuisisi 51% saham Freeport Indonesia setelah sebelumnya kepemilikkan saham Indonesia di perusahaan tambang raksasa Amerika Serikat (AS) itu hanya 9,36 persen.

Kesepakatan itu pun ditandai dengan penandatanganan Head of Agreement oleh CEO Freeport-McMoRan, Richard Adkerson dan Direktur Utama Inalum, Budi Gunadi Sadikin.

Adkerson mengatakan, kesepakatan tersebut sangat penting untuk kelanjutan operasi PT Freeport Indonesia.

Menurutnya, dengan perjanjian pendahuluan ini maka proses perpanjangan hak operasi PT Freeport yang habis pada 2021 pun semakin jelas.

Di mana, pemerintah akan memberikan 2x10 tahun dengan waktu maksimal sampai 2041.

"Hari ini saya anggap sebagai hari yang sangat penting bagi kita semua. Perpanjangan akan mengamankan masalah investasi bernilai miliaran dolar, yang akan memberikan kepastian bagi pemegang saham PTFI, termasuk Inalum, pekerja kami, masyarakat setempat, pemasok kami, kontraktor kami dan semua pemangku kepentingan," tutur Adkerson di Kementerian Keuangan, Jakarta, Kamis (12/7).

Meski tidak lagi menjadi mayoritas, Adkerson mengatakan, Freeport tetap berkomitmen untuk terus beroperasi dengan standar tertinggi, utamanya saat melakukan operasi dengan cara yang bertanggung jawab dan dengan pembangunan berkelanjutan untuk melindungi lingkungan serta menghasilkan manfaat maksimal bagi masyarakat Indonesia.

"Saya pikir hari ini adalah langkah yang sangat positif, kami telah bekerja sangat beberapa bulan terakhir untuk memenuhi instruksi Presiden Joko Widodo kepada kami untuk menemukan win-win solution," tuntas Adkerson.







Sumber: jitunews.com

0 Response to "Usai Lepas 51% Sahamnya, Bos Besar Freeport Bilang Begini "

Posting Komentar

close
Banner iklan disini