Terungkap, Jokowi Pernah Bahas KH. Ma'ruf Amin Sebagai Cawapres 2019


Gentanusa.com ~  Ketua Umum Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Romahurmuziy mangaku telah menyampaikan secara langsung kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi) terkait kriteria yang akan menjadi Cawapresnya di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mendatang.

Romy, sapaan akrab Romahurmuziy mengungkapkan, dalam pertemuan yang berlangsung pada bulan Desember 2017 lalu itu, dirinya telah menyampaikan, bahwa ada 5 kriteria yang perlu dipenuhi Cawapres untuk menopang kepemimpinan Jokowi kedepan.

"Pak, seperti yang saya sampaikan, kami mendukung bapak. Tapi, kalau boleh kami berpendapat, wakil panjenengan besok itu haruslah orang yang bisa melengkapi kebutuhan jenengan," kata Romy, mengulang percakapannya denga Jokowi, saat menghadiri sebuah acara di Surabaya, Jum'at, (2/3) malam.

Dijelaskan Romy, 5 kriteria yang dibutuhkan Jokowi kedepan adalah, pertama, sosok yang bisa menjaga narasi keutuhan NKRI yang dibangun diatas Nasionalisme dan agama. Kedua, sosok yang mampu menyikapi maraknya ujaran kebencian bernuansa agama, sosok tersebut sangat cocok kalau diambil dari kalangan santri. Ketiga, sosok yang mampu menjawab tangangan dari kalangan milenial.

Sementara kriteria keempat adalah, sosok yang dapat menyumbang elektabilitas agar mempermudah proses pemenangan. Sedangkan yang kelima adalah sosok yang memiliki kompetensi untuk bersama-sama membangun Indonesia.

"Kriteria inilah yang kita sampaikan kepada pak Jokowi. Soal orangnya, monggo (terserah Jokowi)," terangnya.

Bahkan, lajut Romy, seusai mendengarkan 5 kriteria tersebut, Jokowi langsung menanyakan, siapa sosok yang memenuhi 5 kriteria tersebut. Secara spontan, Romy mengaku kalau dirinya menyodorkan nama Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI), KH. Makruf Amien kepada Jokowi.

"Pak Jokowi mengatakan, kalau kriterianya seperti itu terus siapa. Saya jujur menjawab, Kiai Ma'ruf Amin. Malah pak Jokowi sempat mengatakan, (Cawapresnya) harus orang NU," beber Romy.

Menurut, Romy, sosok Kia Ma'ruf merupakan tokoh yang bisa diterima oleh berbagai kalangan, termasuk ormas Muhammadiyah. Bahkan, Romy meyakini, jika Kiai Makruf yang menjadi Cawapres Jokowi, para alumni 212 juga akan mendukung Jokowi. Sayangnya, Jokowi terkendala dengan usia Kiai Makruf yang sudah sepuh.

"Tapi, beliau menyampaikan, Ketuweken (terlalu tua) mas," pungkas Romy serasa menirukan Jawaban Jokowi.

(mkd/JPC)




Sumber: jawapos.com

0 Response to "Terungkap, Jokowi Pernah Bahas KH. Ma'ruf Amin Sebagai Cawapres 2019"

Posting Komentar

close
Banner iklan disini