SURVEI: Jokowi Unggul Telak atas Prabowo di Kalangan Pemilih Berbasis Ormas Islam

Gentanusa.com ~ Hasil survei terbaru yang dirilis Lembaga survei Populi Center menyebutkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) unggul atas Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto di kalangan pemilih muslim berlatar belakang organisasi kemasyarakatan (Ormas) Islam.

Dari keseluruhan ormas Islam yang disurvei, Jokowi unggul telak atas Prabowo.

Dalam penjelasannya Peneliti dari Populi Center Hartanto Rosojati mengatakan, ada tiga ormas Islam besar menjadi responden. Yaitu Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah dan Persatuan Islam (Persis).

Di kalangan pemilih muslim berlatar belakang Nahdlatul Ulama (NU), Presiden Jokowi unggul dengan elektabilitas mencapai 66 persen, sementara Prabowo hanya meraup 25,4 persen.
Jokowi juga unggul di kalangan pemilih muslim berlatar belakang Muhammadiyah. Meski jumlahnya tak setinggi pemilih dari kalangan NU. Jokowi unggul dengan perolehan 56,4 persen suara. Sedangkan Prabowo hanya meraup 34,6 persen suara.

Selain itu, mantan Wali Kota Solo itu juga unggul di kalangan pemilih muslim berlatar belakang Persis. Jokowi meraih suara 61,9 persen. Sedangkan Prabowo hanya 28,6 persen suara.

“Dari latar belakang organisasi Islam Prabowo kalah dengan Joko Widodo. Namun Prabowo cukup tinggi juga di kalangan Muhammadiyah, selisihnya sedikit dengan Joko Widodo,” kata Hartanto di kantornya, Slipi, Jakarta Barat, Rabu, 28 Februari 2018.

Tak hanya itu, Presiden Jokowi juga unggul di kalangan pemilih muslim yang tak berlatar belakang ormas Islam. Di kalangan ini, Jokowi unggul dengan 57,1 persen suara, sementara Prabowo hanya 27,3 persen.

Survei ini dilakukan acak di 34 provinsi di tanah air, pada 7-16 Februari 2018 dengan 1.200 responden. Survei dilakukan dengan wawancara tatap muka dengan metode multistage random sampling tingkat kepercayaan 95 persen margin error 2,89 persen.

0 Response to " SURVEI: Jokowi Unggul Telak atas Prabowo di Kalangan Pemilih Berbasis Ormas Islam "

Posting Komentar

close
Banner iklan disini