Nama Masuk Bursa Cawapres, Mahfud MD Pasif Saja


Gentanusa.com ~  Nama mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Mahfud MD tiba-tiba masuk dalam bursa calon wakil presiden (cawapres) pendamping petahana Joko Widodo di Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019.

Merespons itu, Mahfud mengatakan masuknya nama dia dalam bursa cawapres itu merupakan sebuah perkembangan demokrasi yang bagus.

“Artinya suara lain dari mainstream itu bisa muncul dari masyarakat seperti saya,” kata Mahfud di gedung parlemen, Jakarta, Rabu (14/3).

Pakar hukum tata negara itu menambahkan dirinya “tidak ingin” dalam arti tidak aktif mempersiapkan diri menjadi cawapres.

“Tetapi, saya juga bukan tidak mau. Karena kalau tidak mau itu diartikan sombong,” ujar Mahfud.

Karena itu, Mahfud menyerahkan semua mekanisme yang ada di tangan calon presiden (capres) maupun partai-partai politik. Apalagi calon-calon yang ada nanti bukan hanya satu atau dua.

“Silakan diolah sebaik mungkin, kalau perlu dilihat dari sumber-sumber lain dipertimbangkan pada akhirnya nanti bersama calon yang bersangkutan, taruhlah koalisi yang sudah ada bersama Pak Jokowi yang menentukan bersama koalisinya,” katanya.

Dia memastikan komunikasi informal memang sudah ada. Kalau formal, kata dia, nantinya partai-partai akan mengambil keputusan dalam forum resmi, misalnya lewat kongres-kongres.

“Kalau informal itu artinya sambil bicara atau saling lempar bola. Tetapi saya selalu katakan saya pada posisi pasif ya, tidak aktif juga. Kalau dulu tahun 2014 saya begitu, kan kapitalisasi, saya sekarang tidak,” kata Mahfud. (boy/jpnn)




Sumber: jpnn.com

0 Response to "Nama Masuk Bursa Cawapres, Mahfud MD Pasif Saja"

Posting Komentar

close
Banner iklan disini