JK-Anies untuk Pilpres 2019? Peneliti LIPI: Nendang Banget, Tapi...

Gentanusa.com ~ Peneliti senior dari Pusat Penelitian Politik, Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia ( LIPI), Prof. Siti Zuhro mengatakan, secara personal Jusuf Kalla-Anies Baswedan adalah tokoh yang layak diduetkan sebagai calon presiden dan wakil presiden.

Namun untuk Pilpres 2019, menurut Siti, yang menjadi pertanyaan adalah ada tidaknya partai yang mau berkoalisi untuk mengusung mereka mengikuti kontestasi pesta demokrasi lima tahunan itu.

"Kalau secara pasangan nendang banget, bagus, tapi koalisi partai yang mendukung itu siapa? Karena nggak ada partai sendirian yang bisa ngusung," kata Siti kepada NNC, Kamis (1/3/2018).

Apalagi, wanita lulusan Curtin University, Perth, Australia ini menyebut, meski JK merupakan politisi senior di Golkar, namun saat ini partai berlambang pohon beringin itu telah berada di satu kubu dengan PDIP untuk kembali mengusung petahan Joko Widodo (Jokowi).

"Ada partai yang mau mengusung gak kira-kira? Yang penting kan itu.
Jadi kan Golkar sudah dengan PDIP Perjuangan Dengan siapa ini? Jangan mikir pasangannya saja tapi bagaimana koalisi partainya?" ujarnya.
Lebih jauh Siti mengungkapkan, peluang JK-Anies itu ada jika lima partai pengusung Jokowi yakni PDIP, Golkar, NasDem, PPP, dan Hanura tak lagi berkoalisi. Seperti misalnya, Golkar memutuskan keluar dan membentuk poros baru.

"Kecuali bubar yang kelima partai (pendukung Jokowi) itu. Katakanlah ada apa yang terjadi, lalu Golkar pisah. Politik di Indonesia itu berlaku nggak absolut jadi serba mungkin dan kontekstual, tapi yang saya baca kemungkinannya dinamis saja," ungkapnya.

Apabila situasi politik dinamis, peraih gelar MA Ilmu Politik dari The Flinders University,  Adelaide, Australia itu menjelaskan, simulasinya kemungkinan akan ada tiga pasangan calon yang maju di Pilpres 2019.

"Katakan simulasi bisa tiga pasangan calon, misalnya partai yang memimpin adalah yang pertama PDIP Perjuangan, kedua Gerindra, ketiga Demokrat, tinggal teman-temannya untuk koalisi," ucap dia.

"Lima itu untuk sementara waktu gerombol di Pak Jokowi, tinggal 5 lainnya. Kalaupun Gerindra sama PKS cukup, lalu Demokrat dengan siapa saja? Kalau gak, gak cukup. Sudah maksimal 3 Pasangan calon itu kalau PKB, PAN dan Demokrat, atau PAN ke Gerindra," pungkasnya.

Dengan demikian, lanjut Siti, kabar majunya JK-Anies di Pilpres 2019 masih sebatas isu. Apalagi melihat situasi politik terkini, duet tersebut sulit untuk diwujudkan. "Simulasi kita bukan simulasi ecek-ecek. Jadi saya berusaha menggabungkan bakal pasangan calon dan kemungkinan partai yang akan mendukung, jadi lebih riil buat saya," papar Siti.


Sumber: netralnews.com

0 Response to " JK-Anies untuk Pilpres 2019? Peneliti LIPI: Nendang Banget, Tapi... "

Posting Komentar

close
Banner iklan disini