Pengakuan Mengejutkan Suliono, Penyerang Jemaat Gereja St Lidwina

Gentanusa.com ~ Suliono, pelaku penyerangan terhadap jemaat gereja St Lidwina, Sleman, Jogja, terdeketski telah terpapar paham radikal dari sebuah kelompok di Sulawesi Tengah.

Kadivhumas Polri Irjen Setyo Wasisto menjelaskan,Suliono saat masih SMA bersekolah di Morowali dan kuliahnya di Palu.

Saat itulah kemudian dia mengikuti kegiatan sebuah organisasi keagamaan. ”Dari situlah dia belajar akidah yang berbeda pemahaman,” terangnya.

Selanjutnya, saat di Magelang, Suliono juga mendok di sebuah pesantren. Namun, pendidikan di pesantren itu hanya dilalui sebentar.

”Dia berencana untuk pulang ke Banyuwangi setelahnya, namun mampir dulu ke Jogja,” paparnya ditemui di kantor Divhumas Polri.

Dia menjelaskan, tercatat juga bahwa Suliono belajar dari internet terkait paham keliru itu. Akhirnya muncul dorongan dari dalam dirinya untuk melakukan aksi penyerangan di Jogjakarta tersebut. ”Ini pengakuan dari tersangka ya,” ungkapnya.

Sebelum melakukan aksi, Suliono ini juga mengakses internet untuk mencari alamat gereja terdekat serta, tempat mencari senjata.

Setyo menjelaskan, akhirnya dipilih gereja yang diserang itu. ”Dengan semua ini, kami masih memandang bahwa pelaku ini lone wolf,” paparnya.

Kejadian penyerangan gereja yang dilakukan Suliono ini sebenarnya bisa dicegah bila sistem keamanan masyarakat berjalan.
Suliono diketahui menginap selama tiga hari di sebuah musola di dekat lokasi penyerangan. ”Saat menginap di musala ini sempat komunikasi dengan penjaga mushola dan sejumlah orang,” tuturnya.

Sayangnya, kepala rukun tetangga dan kepala rukun warga tidak mengetahui adanya orang yang menginap di musala. ”Kalau saja ada kepedulian untuk melaporkan, tentu akan berbeda,” terangnya.

Menurutnya, bila ada orang asing yang berada di lingkungan kampung, saat ada yang melapor ke kepolisian setempat tentu akan ditangani.

”Polisi kan bisa untuk melakukan upaya pemeriksaan dan sebagainya. Sehingga, bisa dicegah sebelum terjadi aksi,” tuturnya.

Sementara kejadian penyerangan oleh orang gila di Masjid kembali terjadi. Masjid Baiturrahim di Tuban Jawa Timur diserang oleh seseorang yang diduga tidak waras. Hampir semua kaca masjid pecah karena dipukuli.

Sebelumnya, dua ustad di Jawa Barat dianiaya oleh pelaku yang keduanya dipastikan oleh polisi sebagai orang yang mengalami gangguan mental.

Terkait penyerangan masjid di Tuban, Setyo menjelaskan bahwa pihaknya masih melakukan pengecekan terkait penyerangan masjid.

Sementara Pengamat Terorisme Al Chaidar menuturkan, Polri ini harus bertindak cepat untuk menangani gejala kerja-kerja intelijen.

Jangan hanya membantah, namun harus benar-benar memberikan bukti nyata. ”Ya kalau disebut gila, tunjukkan surat dokternya. Bawa dokternya ke hadapan masyarakat untuk menjelaskan,” tuturnya.


Sumber: jpnn.com

6 Responses to " Pengakuan Mengejutkan Suliono, Penyerang Jemaat Gereja St Lidwina "

  1. Terpercaya, Berpengalaman, CS ramah dan online 24 jam.
    Gabung dengan kami (www,updatebetting,co) dan dapatkan cashback 3% setiap minggunya.

    BalasHapus
  2. F4ns Bett1ng
    B0l4, C4sin0, s4bun9 4yam, T0gel dll.. dp50 wd50

    BalasHapus

  3. A-d-u A-y-a-m O-n-l-i-n-e
    S128, SV388 dan CFT2288 Hadir menemani kalian secara LIVE!!
    Tunggu Apa Lagi??
    Hubungi Kami :
    BBM : D*8*C*3*6*3*C*A
    No.HP : 0813-7705-5002

    BalasHapus
  4. Ayo Ayo mainkan Permainan menarik kami
    Khusus Perayaan Imlek ini
    FifaPoker akan bagi-bagi angpao gratis loh
    jadi tunggu apa lagi buruan gabung bersama kami


    Info Lebih Lanjut Bisa Hub kami Di :
    BBM : 7B3130BF
    Line : Cs.ID303
    Whatsapp : +6281326993756

    BalasHapus
  5. ayo hari ini adalah malam imlek loh tunggu apalagi segera bergabung bersama kami www s128agen com / org
    karena kita ada pembagian freebet berupa angpao hubungi kami segera di
    Contact Kami :
    BBM : D8B84EE1
    Line id : agens1288
    WhatsApp : 0877-8922-1725

    BalasHapus

  6. ayo ditunggu apa lagi segera bergabung dengan kami di D/E/W/A/P/K
    menangkan uang jutaan rupiah, dengan minimal deposit 10.000 saja looo.
    ayo segera bergabung ya ditunggu lo ^_^ www.dewapk.com

    BalasHapus

close
Banner iklan disini