Kritik Keras DPR, Tsamara: Awasi Lembaga Sendiri Saja Belum Bisa

Gentanusa.com ~ Ketua DPP Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Tsamara Amany Alatas mengkritik DPR yang mengawasi KPK lewat Pansus Hak Angket KPK. Tsamara menyebut selama ini DPR belum mampu membenahi lembaga sendiri.

"Intinya, soal Pansus Hak Angket KPK, bagi saya DPR sendiri nggak mampu melakukan kritik terhadap lembaganya. Jadi kenapa mau menjalankan fungsi pengawasan terhadap lembaga lain. Untuk mengawasi lembaga mereka sendiri saja nggak bisa," ujar Tsamara dalam diskusi yang berlangsung di kantor Indonesia Corruption Watch (ICW), Jalan Kalibata Timur, Jakarta Selatan, Selasa (11/7/2017).

Tsamara mengkritik DPR yang dinilai selama ini belum bekerja secara efektif. Ia menyebut Pansus Hak Angket KPK yang dibentuk DPR malah menciptakan masalah baru, bukan menyelesaikan masalah yang ada.

"Fahri (Wakil Ketua DPR Fahri Hamzah) ngomong kasus e-KTP adalah khayalan. Saya sangat menyayangkan pernyataan itu. Kalau memang benar, silakan DPR tunjukkan bukti-bukti yang menunjukkan bahwa KPK tidak melakukan penyelidikan dan penyidikannya secara serius," katanya.
Ia juga mengkritik soal kunjungan Pansus Hak Angket KPK ke Lapas Sukamiskin di Bandung untuk bertemu dengan koruptor. Menurutnya, kunjungan itu menyiratkan kesan bahwa koruptor merupakan korban KPK.

"Seakan-akan koruptor itu korban dari KPK. Padahal yang memutuskan (bersalah atau tidak) adalah pengadilan, bukan KPK. Para koruptor ditangkap, karena bukti yang diberikan oleh KPK itu kuat. Jadi kenapa mereka (DPR) nggak liat betapa baik kinerjanya KPK? Padahal hampir 100 persen pengusutan KPK berhasil," tuturnya.

Lebih lanjut, Tsamara mengatakan tuduhan bahwa KPK bertindak secara tebang pilih tidaklah benar. Ia menyebut banyak kasus yang diusut KPK dilakukan tanpa pandang bulu.


Sumber: detik.com

2 Responses to " Kritik Keras DPR, Tsamara: Awasi Lembaga Sendiri Saja Belum Bisa "

close
Banner iklan disini