Dituding Prof Romli jadikan 36 orang tersangka tanpa bukti cukup, ini kata KPK

Gentanusa.com ~ Prof Romli Atmasasmita mengungkapkan ada 36 orang yang ditetapkan sebagai tersangka dengan bukti awal yang kurang memadai. Penetapan tersangka dengan minimnya bukti itu, kata Romli, terjadi di masa kepemimpinan Pelaksana Tugas (Plt) Taufiequrachman Ruki yang sedang menggantikan posisi Abraham Samad.

Mendengar hal itu, KPK sontak membantahnya. "Setelah kita cek tentu saja informasi yang disampaikan tersebut keliru. Jadi kita perlu klarifikasi juga, kita imbau pihak tertentu ketika menyampaikan data adalah data yang valid," kata Jubir KPK Febri Diansyah di gedung KPK, Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (12/7).

Sementara itu, Taufiequrachman Ruki juga telah menyampaikan klarifikasi atas permasalahan yang mencatut namanya tersebut. Menurutnya penetapan 36 tersangka itu sudah dibahas dengan lima pimpinan KPK pada saat itu.

"Hal itu perlu saya klarifikasi. Informasi tersebut tidak benar. Saat saya bertiga mulai bertugas sebagai Plt. Pimpinan KPK terdapat 36 orang yang perkaranya sedang dalam proses penyidikan. Hal itu kemudian dibahas bersama oleh lima Pimpinan saat itu," kata Ruki, dalam keterangan persnya, Rabu (12/7).
Mantan pimpinan KPK ini juga menuturkan bahwa 36 perkara itu juga sudah diselesaikan hingga tahap kasasi. Jadi dia-pun berharap dapat pernyataan dari mengenai ke 36 orang yang ditetapkan sebagai tersangka tanpa bukti awal yang cukup, bisa segera di klarifikasi.

"Pada periode kepemimpinan kami, sebagian dari 36 orang tersebut kemudian berhasil kami selesaikan penyidikannya bahkan sampai ke pengadilan, dan dihukum sampai tingkat kasasi," ujarnya.

"Jadi, keliru jika disebut saya mengatakan ada 36 orang yang ditetapkan sebagai tersangka tanpa alat bukti. Saya harap informasi tersebut bisa dikoreksi agar tidak merugikan KPK," pungkasnya.

Sebelumnya diketahui, pansus angket KPK memanggil Prof Romli Atmasasmita sebagai ahli bidang hukum pidana di rapat dengar pendapat di gedung Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) kemarin (11/7). Dari rapat itu, pansus berencana memanggil eks pimpinan KPK Taufiequrachman Ruki. Karena Romli mengungkapkan dugaan penyimpangan yang dilakukan dalam menetapkan seseorang menjadi tersangka tanpa bukti permulaan yang cukup saat Ruki menjabat sebagai Plt Ketua KPK.

"Ruki menyampaikan ke saya, 'setelah kami (KPK) gelar perkara ada 36 tersangka bukti permulaannya enggak cukup. Kalau saya baca tahun saya dipanggil (sekitar) 2015 bulan Juli, kejadiannya sekitar itu.'," sebut Romli di rapat dengan pansus angket KPK, di gedung DPR, Senayan, Selasa (11/7).


Sumber: merdeka.com

5 Responses to " Dituding Prof Romli jadikan 36 orang tersangka tanpa bukti cukup, ini kata KPK "

  1. AYOO SERBUU GAN MUMPUNG GRATIS DAN MURAH
    ADU BANTENG, Sabung Ayam, Sportbook, Poker, CEME, CAPSA, DOMINO, Casino
    Modal 20 rb, hasilkan jutaan rupiah
    Bonus 10% All Games Bolavada || Bonus Cashback 10% All Games Bolavada, Kecuali Poker ||
    FREEBET AND FREECHIP 2017 FOR ALL NEW MEMBER !!! Registrasi Sekarang dan Rasakan Sensasi nya!!! ONLY ON : BOLAVADA(dot)com
    BBM : D89CC515

    https://goo.gl/3G0lA8
    https://goo.gl/kbkvXv
    https://goo.gl/Wyc5ZD
    http://pintient.com/3EqP

    sabung ayam
    agen terpercaya
    bandar judi

    BalasHapus
  2. Disini aku mau Sharing aja ya
    Banyak temen aku yang tercukupi kebutuhannya tanpa kerja
    Caranya bagaimana?? hanya mengeluarkan 10 ribu
    untuk bermain di www. pokerayam .com hanya hitungan menit saja
    ratusan hingga jutaan pun didapat dikarenakan pokerayam
    selalu memberikan promo dan keberuntungan kepada member setianya
    banyak promo dan hadiah menarik yang akan update disetiap saat
    yuk silahkan bergabung pada pokerayam jangan lewatkan
    MODAL 10 ribu MENJADI 1 JUTA
    info keberuntungan lebih lanjut bbm : D8E5205A
    Poker Terpercaya
    Poker Indonesia
    Poker Terbaik
    Klik Disini

    BalasHapus
  3. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini

    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandarQ
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c

    BalasHapus
  4. mari bermain bersama kami di ION QQ
    banyak hadiah dan bonus yang menanti anda.
    depo/wd minimal 15.000 tidak ada batasan maksimal wd,berapapun anda menang akan kami bayar,di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot)
    pin BB 58ab14f5.

    BalasHapus

close
Banner iklan disini