Ada Nasabahnya yang Lapor Kehilangan Dana Sebelum Lebaran, Begini Kata Dirut Bank Mandiri


Gentanusa.com ~ PT Bank Mandiri Tbk (BMRI) mengklarifikasi terkait gagalnya transaksi dan hilangnya dana nasabah. Kedua kejadian tersebut terjadi pada Kamis (22/6/2017).
Direktur Utama Bank Mandiri, Kartika Wirjoatmodjo menerangkan, hilangnya dana nasabah tersebut karena banyaknya transaksi yang terjadi di dalam sistem back office perseroan.
Menurut dia, biasanya transaksi harian Bank Mandiri mencapai 20 juta sampai 30 juta transaksi per hari, namun pada Kamis (22/6/2017) kemarin hingga mencapai 50 juta transaksi per hari.
Melonjaknya jumlah transaksi tersebut membuat sistem back office Bank Mandiri menjadi terkendala.

"Kemarin tuh hari Kamis extra ordinary hampir 45 juta transaksi bahkan hampir 50 juta transaksi. Karena banyak gaji dan THR, kemudian orang-orang banyak pembayaran karena hari terakhir kan. Sehingga ada kendala di back office," ujar Kartika saat ditemui dalam Open House Menko Perekonomian Darmin Nasution di Jalan Widya Chandra IV, Jakarta, Senin (26/6/2017).
Pria yang akrab disapa Tiko ini menuturkan, dari semua jumlah transaksi tersebut baru dua jenis transaksi yang telah terselesaikan yakni transaksi tunai dan transaksi antar bank. Sisanya, transaksi elektronik menggunakan Electronic Data Capture (EDC) sedang diproseskan.
"Yang EDC sekarang emang lagi proses. Kalau untuk transaksi tunai dan antarbank semua sudah selesai. Jadi kita memang utamakan sebelum selesai lebaran yang terdebet sudah balik lagi ke backoffice sudah selesai semua," jelas dia.

Dalam hal ini, Kartika membenarkan, adanya dana nasabah yang hilangnya saat melakukan transaksi. Dana nasabah ini hilang, juga dikarenakan banyaknya transaksi, sehingga menggangu sistem back office Bank Mandiri.

Sebelumnya, nasabah Bank Mandiri pada Kamis (22/6/2017) kemarin tidak bisa melakukan transaksi. Selain itu, dana nasabah juga tiba-tiba berkurang.
"Iya itu (dana hilang) betul. Akan tetapi, besoknya udah Kami kembalikan. Jadi setelah ditarik tunai tidak keluar uangnya tapi terdebet, itu besoknya udah kita kreditkan lagi semua. Sebetulnya nilainya nggak terlalu banyak. Cuman berapa puluh miliar lah," pungkas dia.
Oleh karena itu, Kartika menghimbau untuk nasabah yang transaksinya masih gagal, agar menelpon ke call center Bank Mandiri 14000. Sehingga, transaksi nasabah yang gagal bisa cepat diproses lebih lanjut.

"Jadi yang masih masalahnya belum selesai ke 14000. Jadi akan Kami proses, Insya Allah 1-2 hari akan selesai, yang tarik tunai satu hari udah selesai semua. Jadi memang yang tinggal bisa di merchant saja. Kalau yang tunai dan transfer antar bank udah selesai," katanya.
Manajemen PT Bank Mandiri (Persero) Tbk (BMRI) bakal memperbanyak kuota jumlah transaksi per hari pada waktu Ramdhan dan Lebaran tahun depan. Hal ini untuk mengantisipasi kegagalan sistem back office akibat melonjaknya transaksi di bank pelat merah ini pada momen Ramadhan dan Lebaran.

"Jadi memang antisipasi. Kami tahun depan harus memperbesar kapasitas jumlah pada waktu peak (transaksi). Karena peak kan dua kali, tahun baru dan Lebaran," ujar Tiko.
"Jadi tahun depan mungkin kami akan perbaiki dari sisi back officenya, mungkin kami pakai cloud untuk extra space pada waktu processingpada hari peak seperti itu," tambah dia.(Ahmad Fauzi)
Berita ini sudah terbit di kompas.com berjudul: Banyaknya Transaksi Jadi Penyebab Dana Nasabah Bank Mandiri Hilang



Sumber: tribunnews.com

10 Responses to "Ada Nasabahnya yang Lapor Kehilangan Dana Sebelum Lebaran, Begini Kata Dirut Bank Mandiri"

  1. bermain player vs player tanpa mesin yuk,,, gabung di ARENADOMINO

    BalasHapus
  2. Hai...penggemar BOLA, info : 5ee80afe
    Komunitas Sepak Bola terbesar di Indonesia :)

    BalasHapus
  3. ayo segera bergabung dengan kami
    di fanspoker^^com || karna difans anda bisa mendapatkan keuntungan lebih besar
    ayo tunggu apa lagi segera di add pin bb kami 55F97BD0 || saya tunggu di add nya ya...

    BalasHapus
  4. ayo bergabung dengan kami di dewapk

    BalasHapus
  5. Promo www.Fanspoker.com :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup
    || bbm : 55F97BD0 || WA : +855964283802 || LINE : +855964283802 ||

    BalasHapus
  6. SALAM AGENS128 AGEN TERPERCAYA MASA KINI DENGAN SKILL OPERATOR NYA YANG CEPAT DALAM PROSES DEPOSIT DAN WITHDRAW

    www sabunglive com / www sabungonline com / www s1228 net
    silakan masuk langsung ke website kami dan baca syarat ketentuan bonusnya
    untuk informasi lebih lanjut silakan hubungi CS kami di sini :
    BBM : 7 B E D 8 0 B 1

    BalasHapus
  7. AJO_QQ poker
    kami dari agen poker terpercaya dan terbaik di tahun ini

    Deposit dan Withdraw hanya 15.000 anda sudah dapat bermain
    di sini kami menyediakan 7 permainan dalam 1 aplikasi
    - play aduQ
    - bandar poker
    - play bandar
    - capsa sunsun
    - play domino
    - play poker
    - sakong
    di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot) Anda Menang berapapun Kami Bayar tanpa Maksimal Withdraw dan Tidak ada batas maksimal
    withdraw dalam 1 hari.Bisa bermain di Android dan IOS,Sistem pembagian Kartu menggunakan teknologi yang mutakhir dengan sistem Random
    Permanent (acak) | pin bb : 58cd292c

    BalasHapus
  8. Ingin Bermain Poker Online Dengan Uang Asli ?
    Tapi Ngak Tau Situs Poker Online Yang Bisa Di Percaya . ?
    Dewalotto^info situs paling terpercaya

    BalasHapus
  9. mari bermain bersama kami di ION QQ
    banyak hadiah dan bonus yang menanti anda.
    depo/wd minimal 15.000 tidak ada batasan maksimal wd,berapapun anda menang akan kami bayar,di sini tempat nya Player Vs Player ( 100% No Robot)
    pin BB 58ab14f5.

    BalasHapus

close
Banner iklan disini