Netizen Gagal Paham, Program Uang Muka Rumah Nol Persen Anies Jadi Trending Topic


Gentanusa.com ~ Jumat (17/2/2017) pagi, Twitter tiba-tiba menaruh DP 0 % sebagai salah satu trending topic alias topik teratas.

Berdasarkan pantauan TRIBUNNEWS, kurang lebih 10 ribu orang berkicau tentang program Down of Payment (DP) alias uang muka 0 persen.

Usut punya usut, yang menjadi topik perbincangan para pengguna jejaring sosial Twitter tersebut adalah program dari pasangan calon Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dan wakilnya, Sandiaga Uno.

Dalam programnya, Anies mengisyaratkan bakal menerapkan kebijakan uang muka 0 persen untuk rumah bagi masyarakat Jakarta.

Namun, para netizen pesimistis.

Ada netizen menganggap program itu mustahil, ada pula yang menilai itu hanya sekadar jargon kampanye belaka.

Salah satunya kicauan dari netizen pengguna akun @BentengWidodo yang memandang program itu tak masuk akal.

"Tanah di Jakarta itu mahal, hari gini DP 0% mustahil kecuali klo mau tipu2," kicau akun @BentengWidodo.

Pun demikian dengan cuitan netizen pengguna akun @a_sebat yang mengaku tidak bisa membayangkan cicilannya jika DP rumah 0 persen.

"Harga rumah di jakarta ga manusiawi bos, logikanya kalo ada DP 0% berapa tuh jadinya cicilannya...ga kebayang," cuit @a_sebat.

Beberapa komentar pun mempertanyakan hal serupa:

@amoysh: Br tau jg warga Jkt akan dpt DP 0% buat punya rumah.. @aniesbaswedan...So, brpa cicilan perbulannya?

@awemany: DP 0% itu jargon kampanye. Lihatlah lebih jauh. Di situ ada pemenuhan "kewajiban" negara untuk memenuhi "hak' warga bertempat tinggal layak.

‏@dienak_in: DP 0% itu gimmick. bahasa marketing. persis dengan ini: "kami siapkan lahannya, kami berikan modalnya, kami carikan pembelinya".

@hotradero: Ya, DP 0% itu nggak masuk akal, karena harus disalurkan via bank, padahal bank harus tunduk ketentuan kesehatan perbankan.

Namun, ada pula netizen yang memuji program DP 0 persen tersebut.

"Kalo program DP 0% itu bagian dari upaya pemenuhan hak, patut diacungi jempol yg punya ide ini," kicau @fjims.

Penjelasan Anies

Kredit rumah murah itu akan direalisasikan dengan skema down payment (DP) nol persen dan bekerja sama dengan Bank DKI.

Skema nol persen untuk DP itu diberikan sebagai solusi pada warga yang sulit mendapatkan rumah karena terbentur kesanggupan membayar DP.

"Jadi menabung dulu di bank selama enam bulan yang tabungannya bisa nilainya sampai 10 persen (harga rumah), dari situ dihargai sebagai pengganti DP-nya," kata Anies, di Rawamangun, Jakarta Timur, seperti dilansir dari KOMPAS.com, Jumat (17/2/2017).

Anies mengatakan, program ini bukan menyiapkan rumah, melainkan meringankan kredit.

"Jadi kalau Anda membeli rumah, kemudian Anda mau mengambil kredit ke bank kan, bisa ambil kreditnya ke Bank Jakarta lalu ambil ke situ," ucap Anies.

Diragukan pengembang

Calon gubernur (cagub) nomor urut tiga Anies Baswedan mengisyarakatkan bakal menerapkan kebijakan uang muka atau down payment (DP) 0 persen untuk rumah bagi masyarakat Jakarta.

Pengembang menilai program tersebut bisa saja dilaksanakan apabila Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta memberikan bantuan (subsidi) sangat besar.

"Mungkin saja kalau pemprov mau menalangi ke developer tapi sekarang permasalahannya untuk di Jakarta ini sudah tidak memungkinkan bangun landed house lagi," kata Direktur PT Metropolitan Land Tbk Wahyu Sulistio, kepada KompasProperti, Jumat (27/1/2016).

Lebih lanjut Wahyu mengatakan, jika memang program tersebut bakal direalisasikan maka yang paling memungkinkan adalah membangun high rise atau hunian vertikal.

Itu artinya, jika ada insentif maka pemerintah tidak bisa memberikan bantuan per unit tetapi langsung untuk satu menara hunian vertikal.

Selain itu, menurut Wahyu, dengan alokasi APBD 2017 DKI Jakarta saat ini agak sulit merealisasikan program DP 0 persen tersebut karena lebih prioritas untuk pembangunan infrastruktur dan sarana publik.

"Rasanya tidak memungkinkan, kecuali prioritas diubah. Risikonya proyek infrastruktur yang sedang dibangun akan tersendat dan semakin lama penyelesaiannya," tutup Wahyu.(*)


Sumber: tribunnews.com

0 Response to "Netizen Gagal Paham, Program Uang Muka Rumah Nol Persen Anies Jadi Trending Topic"

Poskan Komentar

close
loading...