Kemana Perginya Banjir Padahal Jakarta Diguyur Hujan Terus ? Begini Jawaban Djarot

Kemana Perginya Banjir Padahal Jakarta Diguyur Hujan Terus ? Begini Jawaban DjarotGentanusa.com ~ Jakarta terus dilanda hujan lebat beberapa hari terakhir ini. Wakil Gubernur DKI Jakarta Djarot Saiful Hidayat mengaku was-was tiap kali Jakarta diguyur hujan. Apalagi melihat pemberitaan banyak terjadi banjir di daerah lain. Dia khawatir Jakarta terkena banjir juga.

"Tadi malam hujan deres banget ini tadi pagi juga hujan terus. Perutku tuh mules kalau hujan deras waduh bagaimana Mokervart, Kali Angke pasti meluap. Jakarta Alhamdulillah aman," ujar Djarot.

Dia menilai Jakarta tidak dilanda banjir karena suksesnya beberapa program pencegah banjir. Program untuk mengatasi banjir sudah bagus akibat normalisasi sungai," tandasnya.

Walau begitu Djarot meminta semua tetap waspada dengan kemungkinan banjir. Terutama Pemerintah kota Jakarta Utara. Djarot menilai, kawasan Jakarta Utara paling rawan banjir dibanding daerah lainnya di Ibu Kota.

"Jakarta Utara ini konturnya di bawah laut. Mau tidak mau harus tetap waspada jangan sampai nanti kejadian tahun 2015 terulang, anda harus basah kuyup lagi turun ke lapangan," kata Djarot di hadapan Camat dan Lurah se-Jakarta Utara, di Kantor Walikota Jakarta Utara, Minggu (12/2).

Untuk itu, Djarot mengimbau agar Camat dan Lurah memastikan pompa-pompa air berfungsi dengan baik. Dia juga memerintahkan agar pemompaan air dilakukan secara rutin, jangan dilakukan jika debit air sudah tinggi.
"Saya minta tolong pastikan pompa-pompa air berfungsi dengan baik, solarnya ada, pasokan listriknya juga. Langsung di waduk-waduk dipompa agar debit air turun, jadi kalau ada air kiriman nggak banjir. Dulu kan kalau udah ada air baru dipompa," ujar Djarot.

Selain itu, Djarot juga mengimbau agar saluran-saluran air yang berada di tengah pemukiman dijaga kebersihannya supaya tidak bau dan kotor.

"Tolong saluran-saluran di kampung-kampung dibersihkan. Ada PPSu dan Suku Dinas Air juga PHL Dinas Kebersihan turun membersihkan. Saya masih banyak menemukan saluran di tengah kampung jorok dan tidak dibersihkan, tolong bersihkan supaya bersih dan langsung masuk sungai," terang Djarot.

Djarot juga meminta agar Camat dan Lurah fokus pada penataan lingkungan serta pencegahan banjir karena tugasnya mengurus administrasi warga sudah diambil oleh Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

"Pelayanan administratif sudah diambil alih oleh PTSP sehingga lurah dan camat fokus sekaligus koordinasi dengan RT dan RW fokus penataan trotoar dan ini ke depan ini kita harus segera antisipasi untuk pengamanan banjir tadi," ujar Djarot.


Sumber: merdeka.com

0 Response to " Kemana Perginya Banjir Padahal Jakarta Diguyur Hujan Terus ? Begini Jawaban Djarot "

Posting Komentar

close
Banner iklan disini