TNI Hentikan Kerja Sama Militer, Ini Tanggapan Australia


Gentanusa.com ~  Pemerintah Indonesia menghentikan sementara semua kerja sama militer dengan Australia. Ini dilakukan setelah adanya materi yang dianggap menghina, yang dipajang di markas pasukan komando Australia di Perth.

Menteri Pertahanan Australia Marise Payne hari ini mengkonfirmasi penghentian sementara kerja sama militer antara Indonesia dan Australia.

"Sejumlah interaksi antara kedua organisasi pertahanan telah ditunda hingga masalah ini diselesaikan," ujar Payne seperti dilansir media News.com.au, Rabu (4/1/2017). Disebutkan Payne, hal itu terkait dengan sejumlah materi pelatihan di pusat pelatihan bahasa. Namun dia tidak menjelaskan lebih detail.

Dikatakan Payne, kepala Pasukan Pertahanan Australia, Mark Binskin telah menyampaikan kepada Panglima TNI Gatot Nurmantyo bahwa masalah ini akan ditangani. Namun Indonesia memutuskan untuk menghentikan sementara kerja sama militer dengan Australia.

Ditambahkan Payne, penyelidikan hal tersebut masih terus berlangsung. "Kami akan bekerja sama dengan Indonesia untuk memulihkan kerja sama penuh secepat mungkin," tandas Payne.

Sebelumnya, juru bicara TNI Mayor Jenderal Wuryanto mengatakan kepada ABC, bahwa kerja sama militer antara TNI dengan Angkatan Bersenjata Australia dihentikan segera.

Menurut laporan yang diperoleh ABC, materi yang dianggap menghina tersebut ditemukan saat pasukan komando Indonesia (Kopassus) sedang berlatih dengan pasukan komando Australia (Special Air Service) di salah satu unit mereka di Perth, Australia Barat pada Desember 2016 lalu.

Mayjen Wuryanto menolak memberikan pengukuhan mengenai alasan penghentian kerja sama, dengan mengatakan ini adalah masalah teknis, dan selalu ada 'pasang surut dalam setiap kerjasama antar militer kedua negara."

Saat ini ada beberapa kerja sama antara Australia dan Indonesia, termasuk latihan militer bilateral dan multilateral, pertukaran pendidikan di Australia dan di Indonesia, juga kerja sama operasional dalam bantuan kemanusiaan dan bantuan bencana, termasuk mencari pesawat Malaysia Airlines MH370.
(ita/ita)



Sumber: detik.com

1 Response to "TNI Hentikan Kerja Sama Militer, Ini Tanggapan Australia"

  1. Promo Fans^^poker :
    - Bonus Freechips 5.000 - 10.000 setiap hari (1 hari dibagikan 1 kali) hanya dengan minimal deposit 50.000 dan minimal deposit 100.000 ke atas
    - Bonus Cashback 0.5% dibagikan Setiap Senin
    - Bonus Referal 20% Seumur Hidup dibagikan Setiap Kamis

    BalasHapus

close
Banner iklan disini