Munarman Anggap Pelaporan Dirinya Lucu, Ini Tanggapan Polda Bali

Gentanusa.com ~  Juru Bicara FPI Munarman menyatakan pelaporan dirinya di Polda Bali sebagai lelucon. Hal ini karena ia berpikir locus delicti (lokasi) peristiwa yang dilaporkan bukan di Bali.

Namun, menurut Kabid Humas Polda Bali, AKBP Hengky Widjaja, locus delicti UU ITE adalah di seluruh wilayah Indonesia yang dapat mengakses internet. Munarman pun dilaporkan dengan UU ITE oleh masyarakat Bali.

“Kalau elektronik, TKP bisa di mana saja. Silakan baca UU-nya,” kata Hengky kepada detikcom, Rabu (18/1/2017).

Munarman dilaporkan masyarakat Bali bernama Zet Hasan yang datang ke Mapolda Bali didampingi Sandi Murti, Patriot Garuda Nusantara, Laskar Bali, dan GP Anshor Badung pada Senin (16/1) lalu. Munarman dijerat Pasal 28, Pasal 45 UU ITE atau Pasal 156 KUHP.

“Untuk UU ITE locus delicti bisa di mana saja selama internet dapat diakses,” ujar Hengky.

Sementara jika Munarman dijerat dengan KUHP pun, menurut Hengky, tak masalah bagi Polda Bali. Hal ini karena seluruh markas polisi di Indonesia telah terkoneksi, sehingga laporan bisa dilakukan di mana saja walau locus delicti di wilayah lain.

“Sekedar ilustrasi, bisa saja korban curanmor di Jakarta tapi lapor di Polda Bali, karena ya itu tadi, sudah ada mekanismenya,” ucap Hengky.

“Tetap kita proses dan kalau ternyata hasil pemeriksaannya TKP di Jakarta, setelah kita buat laporannya, maka mekanismenya kita serahkan ke Polda Metro Jaya untuk tindak lanjut,” tambahnya.

Sebelumnya, Munarman menjelaskan prihal pertemuan GNPF-MUI dengan Komisi III DPR untuk mengawasi program profesional, modern, terpercaya (Promoter) dari Polri. Setelah itu, Munarman menceritakan soal pelaporan dirinya ke Mapolda Bali.

“Dasar laporan saya di Polda Bali, anak semester I belajar hukum pidana belajar locus delicti (tempat kejadian perkara) tidak berwenang Polda Bali memeriksa laporan yang kejadian bukan di tempat kejadian dia. Ini apa? Menurut saya ini lucu, ini bukti politik adu domba,” jelas Munarman di Jakarta, Selasa (17/1) kemarin.


Sumber: detik.com

0 Response to "Munarman Anggap Pelaporan Dirinya Lucu, Ini Tanggapan Polda Bali"

Posting Komentar

close
Banner iklan disini