Irjen Anton buktikan omongan jadikan Rizieq tersangka penodaan Pancasila

Gentanusa.com ~ Kapolda Jabar, Irjen Anton Charliyan, menepati janjinya menetapkan pimpinan ormas Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Syihab, sebagai tersangka. Rizieq disangkakan dengan Pasal 154a KUHP tentang tindak pidana terhadap lambang negara dan atau Pasal 320 KUHP tentang pencemaran nama baik.

Penetapan tersangka Rizieq diumumkan Kabid Humas Mapolda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus. Kasus yang melibatkan Rizieq resmi naik ke penyidikan setelah dilakukan gelar perkara sebanyak tiga kali terakhir pada Senin (30/1) kemarin.

"Setelah tujuh jam gelar perkara, pemeriksaan saksi-saksi dan bukti dokumen yang kita lengkapi sesuai hasil gelar perkara beberapa waktu lalu, semua unsur terpenuhi di Pasal 154 a dan 320 KUHP tentang penistaan negara dan pencemaran nama baik. Hasilnya seluruhnya sudah terpenuhi unsur, dan penetapan dari saksi terhadap Rizieq Syihab kita naikkan menjadi tersangka," tegas Yusri di Mapolda Jabar.

Sebelum gelar perkara hari pada Senin kemarin, dua gelar perkara sudah lebih dulu dilakukan Mapolda Jabar. Pertama usai pemeriksaan perdana Rizieq pada Kamis 12 Januari lalu. Sedangkan gelar perkara kedua dilakukan Senin pekan lalu yang diperkirakan menelan waktu 8,5 jam.

Setelah penetapan tersangka ini, Rizieq segera dipanggil untuk dimintai keterangannya. Namun, status tersangka tidak membuat Rizieq ditahan.


Sumber: merdeka.com

0 Response to "Irjen Anton buktikan omongan jadikan Rizieq tersangka penodaan Pancasila"

Poskan Komentar

close
Banner iklan disini