Elektabilitasnya Disebut Turun karena Bertemu FPI, Ini Komentar Anies

Gentanusa.com ~ Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyebut elektabilitas cagub-cawagub DKI Jakarta Anies-Sandi turun akibat pertemuan dengan FPI. Anies sendiri mengaku tidak khawatir dampak dari pertemuan tersebut.

“Oh, kita sih alhamdulillah jalan terus. Kita sih pertemuan dengan siapa saja saya datangi, ketemu dengan banyak pihak,” katanya di RW 05 Kelurahan Duri Kosambi, Kecamatan Cengkareng, Jakarta Barat, Rabu (18/1/2017).

Anies mengaku sah saja bertemu dengan berbagai kalangan menjelang Pilgub DKI. Namun, ujarnya, ada pihak yang tidak setuju dia melakukan pertemuan tersebut.

“Sebenarnya saya ketemu dengan satu pihak tertentu ada pihak lain yang tidak setuju,” sebutnya.

Anies sendiri enggan berkomentar banyak soal hasil survei LSI Denny JA yang menunjukkan hasil tersebut. Dia kemudian mempertanyakan pelaksanaan survei dengan waktu pertemuannya dengan organisasi kemasyarakatan (ormas) Front Pembela Islam (FPI).

“Surveinya kapan, ketemunya kapan. Saya rasa begini, saya nggak mau komentar banyak. Tapi begini, tulisan itu (survei) yang sangat bermuatan subjektif. Jadi biarkan saja, memang biarkan, silakan kampanye berkampanye, kita kampanye,” ujarnya.

Meski menimbulkan pandangan berbeda atas hasil survei tersebut, Anies tetap memegang prinsip bahwa setiap warga Jakarta memiliki hak untuk berinteraksi dengan siapa pun. Gubernur Jakarta harus dapat diterima oleh semua lapisan dan kelompok masyarakat.

“Tapi itulah, orang bisa berpandangan macam-macam, tapi saya tetap pada prinsip kita bahwa setiap warga Jakarta memiliki hak untuk berinteraksi dengan calon gubernurnya,” jelasnya.

“Jadi justru, kalau saya mengatakan tidak mau berinteraksi dengan salah satu, ini mau jadi gubernur se-Jakarta atau gubernur satu-dua kelompok. Justru karena mau jadi gubernur se-Jakarta, saya siap ketemu semuanya,” tambahnya.

Anies juga mempertanyakan survei LSI yang tidak menanyakan pertemuannya dengan kelompok masyarakat lainnya.

“Diundang warga Katolik saya terima, warga Nasrani saya terima, diundang ormas saya juga terima. Malah ada tuh (calon) yang nggak datengin, kok nggak ditulis sama Denny?” tanyanya.

Pada akhirnya Anies mempersilakan dan menghormati setiap survei yang dirilis. Setiap orang, dikatakannya, memiliki hak untuk berekspresi.

“Justru itulah yang menjadi bagian pertanyaan. Jadi biarlah beliau berkampanye, kita hormati setiap orang menulis dan berekspresi sebagaimana juga hormati saya untuk berekspresi,” pungkasnya.

Sebelumnya, LSI Denny JA memaparkan tiga alasan Anies-Sandi berpotensi tersingkir di putaran pertama jika Pilgub DKI dilaksanakan saat surveinya digelar. Alasan pertama adalah kunjungan Anies ke FPI dan bertemu dengan Rizieq Syihab.

“Pendukung Anies-Sandi di segmen menengah-atas umumnya adalah pemilih muslim yang moderat yang tidak terlalu sejalan dengan FPI,” kata peneliti LSI Denny JA, Ardian Sopa, dalam rilis survei di Graha Dua Rajawali, Jalan Pemuda No 70, Rawamangun, Jakarta Timur, Selasa (17/1) kemarin.
(nvl/nkn)


Sumber: detik.com

0 Response to "Elektabilitasnya Disebut Turun karena Bertemu FPI, Ini Komentar Anies "

Posting Komentar

close
Banner iklan disini