ACTA Cabut Gugatan Rp 470 M yang Ditujukan ke Ahok

loading...


Gentanusa.com ~  Gugatan class action terhadap Basuki Tjahaja Purnama yang diajukan Wakil Ketua Advokat Cinta Tanah Air (ACTA), Ali Lubis telah dicabut. Dicabut sejak Kamis (19/1) lalu.

Anggota ACTA, Novel Bamukmin mengatakan ada sejumlah alasan yang melatarbelakangi pencabutan gugatan itu. Dia menegaskan gugatan itu mulanya ditujukan untuk menuntut ganti rugi.

"Sejak pendaftaran kami sudah tegaskan bahwa gugatan tersebut adalah gugatan ganti kerugian secara khusus diatur berdasarkan pasal 98 ayat (1) KUHAP yang berbunyi, 'Jika suatu perbuatan yang menjadi dasar dakwaan di dalam suatu pemeriksaan perkara pidana oleh pengadilan negeri menimbulkan kerugian bagi orang lain, maka hakim ketua sidang atas permintaan orang itu dapat menetapkan untuk menggabungkan perkara gugatan ganti kerugian kepada perkara pidana itu'," kata Novel saat dihubungi detikcom, Senin (23/1/2017).

Selain itu, pihaknya juga mengaku kecewa dengan proses yang terjadi dalam penanganan gugatan senilai Rp 470 miliar itu. Dia menyayangkan keputusan pengadilan dan penyelesaian yang dianggap memakan waktu panjang.

Kuasa hukum Ahok Humprey Djemat mengatakan gugatan itu dicabut pada hari Kamis (19/1). Pencabutan gugatan dilakukan sesaat sebelum sidang perdana kasus itu dibuka.

"Pihak penggugat melalui kuasa hukumnya dari Advokat Cinta Tanah Air (ACTA) resmi mencabut gugatannya tersebut. Dengan demikian gugatan perdata tersebut sudah tidak ada lagi," ujar Humphrey.

Diberitakan sebelumnya, Ali Lubis mengajukan gugatan class action terhadap Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahja Purnama. Dirinya menuntut ganti rugi sebesar Rp 470 miliar terhadap pernyataan Ahok yang diduga menistakan agama.

"Hari ini kami mendaftarkan gugatan class action ganti kerugian kepada Ahok di PN Jakut yang saat ini berkantor di Jalan Gajah Mada No 17 Jakarta Pusat. Gugatan diajukan dengan mekanisme class action mengingat jumlah warga negara Indonesia yang beragama Islam sangat banyak," ujar kuasa hukum Ali, Nurhayati di Gedung PN Jakpus, Jalan Gajah Mada No 81, Jakarta Pusat, Kamis (8/12/2016).

Nurhayati menjelaskan gugatan class action ini diwakilkan oleh Ali Lubis yang juga Wakil Ketua ACTA. Kliennya mengatasnamakan umat Islam yang tidak suka dengan Ahok.



Sumber: detik.com

0 Response to "ACTA Cabut Gugatan Rp 470 M yang Ditujukan ke Ahok"

Poskan Komentar

close
loading...