Ini Penjelasan Bank Indonesia Atas Ramai Protes Foto Cut Meutia Tak Berhijab yang Dianggap Tidak Sesuai Fakta

Gentanusa.com ~ Kemunculan desain baru uang Rupiah kertas dan logam tahun 2016 menuai banyak reaksi dari masyarakat. Ada yang menyebut jika Rupiah desain baru menyerupai mata uang China, Yuan, bahkan ada juga yang menyebut jika foto pahlawan Cut Meutia pada pecahan uang Rp 1.000 tidak sesuai karena tidak berhijab.

Menangapi hal ini, Kepala Divisi Media Bank Indonesia, Andi Wiyana mengatakan, foto yang terpampang pada desain baru Rupiah telah sesuai dengan apa yang terdaftar di negara dalam hal ini Direktorat Kepahlawanan, Keperintisan dan Kesetiakawanan Nasional Kementerian Sosial. Menurutnya, tidak bisa Bank Indonesia mengambil gambar pahlawan yang tidak terdaftar oleh negara.

"(foto) Itu mengikuti apa yang terdaftar di negara. Tidak bisa pahlawan A terus kita ambil di umur 30 yang keliatan ganteng. Nah itu yang diambil foto resminya," ujarnya di Gedung Bank Indonesia, Jakarta, Selasa (21/12).

Sebelum Bank Indonesia memutuskan untuk menggunakan gambar yang sudah terdaftar di negara, lanjutnya, bank sentral juga telah melakukan konfirmasi ke pihak keluarga untuk meminta persetujuan. Tidak sampai disitu, para pemuka adat tempat sang pahlawan berasal juga dimintai persetujuan sebelum akhirnya Bank Indonesia membuat sketsanya.

Dengan demikian, isu yang menyebut jika foto Cut Meutia tidak sesuai karena tak berhijab hanya bualan belaka. Sebab, Bank Indonesia selalu memastikan seluruh gambar pahlawan telah mendapat persetujuan dari ahli waris.

"Untuk uang itu kita konfirmasi betul tidak gambar yang dicantumkan secara formal gambarnya seperti ini? Keluarga setuju kami masih tanyakan lagi ke pemuka adat, ke tokoh-tokoh. Setelah itu baru dibuat sketsanya. Jadi kita tidak bisa mereka-reka. Kalau dia dulu dia memakai sorban atau baju adat ya dia harus seperti itu," pungkasnya.
Sebelumnya Anggota DPRA dari Fraksi Partai Amanat Nasional (PAN), Asrizal H Asnawi memprotes gambar pahlawan Aceh, Cut Meutia yang tidak mengenakan penutup kepala atau jilbab pada uang pecahan seribu rupiah.

"Kita di Aceh sedang menggalakan penggunaan pakaian dengan aturan syariat Islam dan penegakan hukumnya, jangan dilemahkan usaha tersebut dengan gambar sang pejuang tanpa penutup kepala," katanya, Selasa (20/12/2016).

Protes itu awalnya disampaikan melalui laman facebooknya atas nama Asrizal H Asnawi.
Selain menulis status yang bernada protes, Asnawi juga melampirkan uang pecahan seribu rupiah bergambar Cut Meutia yang baru dirilis oleh Bank Indonesia.

Kata Keluarga, Tjut Meutia Memang Tidak Berjilbab

Teuku Ramli, salah satu keluarga Tjut Meutia, menilai gambar yang dipakai dalam uang baru sudah benar. “Dalam peperangan dulu mana ada pakai jilbab, jilbab itu kan baru-baru ini. Orang Aceh pakai jilbab itu kan baru sekarang-sekarang ini,” katanya sebagaimana dilansir dari laman Tirto.id, Selasa (21/12).

Ramli memang bukan keturunan langsung Tjut Meutia, ia adalah cucu dari kakaknya Cut Meutia. Tetapi dia tahu banyak tentang Meutia dan Aceh. Karena ia lahir dan hidup di sana.

Dia bercerita, Tjut Meutia adalah orang yang taat beribadah. Tetapi dia tak pernah memakai jilbab seperti yang dipakai perempuan-perempuan di masa kini. Seperti diceritakan Usman, perempuan Aceh di zaman dahulu hanya memakai selendang tipis menutupi sebagian kepala.

“Jadi kalau gambar Tjut Meutia di uang yang baru tidak pakai jilbab, ya sudah benar seperti itu,” imbuhnya.


Sumber: merdeka.com, tirto.id

2 Responses to " Ini Penjelasan Bank Indonesia Atas Ramai Protes Foto Cut Meutia Tak Berhijab yang Dianggap Tidak Sesuai Fakta "

  1. Biasalah org yg protes mo numpang eksis maklum aja mo cari nama.

    BalasHapus

close
Banner iklan disini